Kelemahan Bukan Halangan Untuk Berkreatifitas


Arti Kejujuran Dalam Kehidupan

Share on :

,secara sederhana, kata “Jujur” berarti tidak berdusta ketika berbicara. Hmm ya kejujuran juga berarti tidak melebih – lebihkan sesuatu yang hanya untuk membuat orang lain terkesan kepada kita. Dan tindakan kita harus sesuai dengan kata kata kita. Lawan kata jujur adalah berbohong. Arti kata berbohong sebenarnya mengatakan sesuatu yang tidak benar. Kalian mungkin ada yang sudah menyadari dan ada yang belum, bahwa sebenarnya kejujuran itu sama artinya dengan keterbukaan =)

,kejujuran adalah dasar utama dari kepercayaan yang akan menentukan hubungan seseorang dengan orang lain. Jika seseorang mengarang cerita yang tidak sesuai dengan kebenarannya untuk menutupi kesalahannya, maka sulit baginya untuk memperbaiki kesalahan itu. Ketika seseorang tidak jujur terhadap dirinya sendiri tentang suatu kebenaran, dia biasanya juga tidak jujur dengan orang lain (y) Kalau orang memiliki dasar utama yaitu kejujuran, maka dia tidak akan berbohong ataupun menipu, walau sebenarnya dia memikiki kesempatan untuk melakukannya.

,tidak semua orang menganggap penting untuk memelihara kejujuran. Bahkan di dunia bisnis, di dunia pendidikan maupun dalam keluarga, kejujuran semakin menjadi barang yang langka. Ada yang berkata bahwa mustahil untuk mendapatkan keuntungan jika kita terlalu jujur. Dalam hidup ini payah cari orang jujur. Maka dari itu saat mulailah menerapkan kejujuran dalam kehidupanmu. Ini ada sedikit cerita tentang kejujuran dalam kehidupan berkeluarga.



,seorang ayah sangat menghargai kejujuran, sehingga ia menunjukkan penghargaan ketika anaknya berani bicara jujur. Nama anaknya Chris. Ketika anaknya masi berumur 7 tahun, ia memiliki sebuah kapak kecil dan lucu tapi tajam yang sangat ia sukai. Dengan kapak kesayangannya itu, ia memotong apapun yang menghalangi jalannya. Suatu hari ketika ia berjalan jalan di halaman rumahnya, ia melihat pohon yang sangat indah. Pohon itu adalah kesayangan ayahnya. Lalu anak itu memotong batang pohon itu dengan kapaknya tanpa merasa bersalah. Ketika ayahnya mengetahui pohon kesayangannya telah mati, ia sangat marah besar. Kemudian dia masuk kerumah dengan marah yang tidak dapat disembunyikan dan dengan cepat dia mecari tau siapa yang telah memotong pohon kesayangannya. Tapi tak seorang pun tau siapa yang melakukannya, sehingga semua orang rumah hanya terdiam membisu. Diam diam si anak masuk ke ruangan dengan kapak kecil ditangannya. “Chris, apakah engkau tau siapa yang memotong pohon kesayanganku yang ada di halaman ?” Chris merasa pertanyaan itu sangat sulit untuk dijawab. Tapi beberapa saat kemudian, ketika sang ayah menanyakan untuk kesekian kalinya, si anak menjawab sambil menangis, “aku tidak bisa berbohong ayah, engkau tau aku tidak bisa berbohong, akulah yang telah memotong pohon itu dengan kapakku yah” Segera kemarahan sang ayah hilang dari wajahnya yang mulai sedih melihat anaknya yang telah jujur. Kemudian ia merangkul Chris dan bilang “anakku, kau jangan takut untuk jujur ya, mengatakan kebenaran itu lebih baik bagiku daripada seribu pohon yang indah, sekalipun pohon itu berbuah emas dan berdaun perak, karena bagi ayah kejujuran itu lebih berharga daripada emas dan perak, terimakasih sudah jujur sama ayah.



,untuk kita yang sudah membaca cerita singkat diatas, pesannya kepada kita adalah biasakanlah bersikap dan berkata jujur dalam segala hal dan tanamkanlah nilai nilai kejujuran dalam kehidupan kita. Saya sedikit memasukkan ayat Alkitab yaitu Amsal 2:21 yang berisi :”karena orang jujurlah akan mendiami tanah, dan orang yang tak bercela yang akan tetap tinggal disitu”. Orang jujur akan selalu beruntung (y) bagaimanapun caranya. Tuhan akan mengangkat dan memberikan upah terhadap mereka yang jujur. Mulai sekarang buanglah jauh jauh sikap berbohong atau menyembunyikan sesuatu, karena kebiasaan itu akan menjerat dan mencelakakan kita. Karena berbohong maupun menyembunyikan sesuatu atau apapun semacamnya akan menghasilkan hal yang negatif =)


,lawanlah sikap berbohong dengan sikap kejujuranmu. Kamu pasti bisa melakukan itu, aku yakin akan hal itu. “Bohong” (akan menghasilkan hal yang negatif) sedangkan “Jujur” (akan menghasilkan hal yang positif). Akan saya jelaskan kenapa saya bilang begitu. Negatif tidak akan pernah menang melawan positif (y) Sebab positif menghasilkan hal dan tindakan yang besar (y) Ketika kamu menggunakan kejujuran itu dalam kehidupanmu, maka kamu sudah mendapatkan hal dan tindakan yang besar.

,maka dari itu yang menjadi dasar utama dalam kehidupan ini adalah KEJUJURAN. Pertanyaannya kenapa harus “Kejujuran” yang menjadi dasar utama dalam kehidupan?” (Hayoo dijawab tuh hahaa) Karena KEJUJURAN adalah nilai yang terpenting dalam kehidupan dan bermoral. Dapat kita lihat disekeliling kita sehari-hari betapa banyaknya yang melakukan praktek KETIDAKJUJURAN. Mulai dari anak anak hingga usia sekarang pun banyak yang melakukan dan menjalani praktek KETIDAKJUJURAN ini, termasuk saya sendiri hehee *Jujur juga akunya =)

,jangan berpikir kalau kita akan rugi jika bersikap dan berkata jujur, itu salah. Bersikap dan berkata jujur dalam kehidupan akan membuahkan HASIL YANG POSITIF. Percayalah akan semua hal itu. Dan percayalah sepenuhnya kepada Tuhan, sebab Tuhan akan selalu memberkati kehidupan kita, memelihara, dan melimpahkan berkat kepada kita jika dalam kehidupan kita terdapat kejujuran. Karena itu, kita sebagai orang beriman harus senantiasa berusaha untuk jujur, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Orang yang jujur itu dikasihi oleh Tuhan. Orang yang jujur itu akan mendapatkan rahmat berlimpah dari Tuhan. Mari kita tetap bertahan dalam kejujuran dan kebenaran. Hanya dengan cara ini, kita akan mengalami sukacita dan damai dalam hidup kita.

Kejujuran adalah kunci dasar utama dari segala kesuksesan, namun jarang dipraktekkan orang dalam kehidupan

,saya pernah buat status di twitter ya status nya ini udah lama kali, walaupun saya tidak begitu tau main twitter hahaa (ngaku juga akunya ya kalau aku tidak tau main twitter ckk) ya it’s no problem for me hehee. Gini statusnya kemarin kubuat : “untuk apa berbohong kalau ada kata KEJUJURAN” Ntah kenapa aku bisa membuat kata kata itu. Tapi yang pasti kata kata itu muncul dari pemikiranku sendiri =) Aku memikirkan kata yang ini dan memikirkan kata yang itu, dan semua itu aku gabungkan. Jadi begitu deh kata kata buatanku sendiri yang muncul dari pemikiranku. Hmm ya memang simple sih, tapi itu bagiku sangat bagus (y)

,kalian pernah nonton film Upin Ipin yang si Jarjit jadi penggembala domba dan Mail jadi serigalanya? (Bukan berarti aku sukak nonton film Upin Upin ya haha) Itukan menceritakan tentang kejujuran (y) Kalau yang sudah pernah nonton pasti tau arti yang didapat dari film itu. Arti dari film itu jangan membuat orang lain terkesan kepada kita hanya karena ketidakjujuran kita atau mengatakan yang tidak sesuai dengan kebenarannya. Tapi katakanlah yang sejujurnya kepada orang lain sesuai kenyataannya maka orang lain akan mengerti dan mungkin akan membantumu =)

,orang yang jujur bisa dikatakan sebagai “tangan kanan” bagi orang lain. Atau bisa dikatakan orang yang mudah dipercaya. Aku dapat inspirasi sendiri dari pelajaran Matematika yang tentang garis bilangan (padahal aku tidak sukak pelajaran Matematika wkwkk, tapi kenapa akunya bisa dapat inspirasi sendiri dari situya ckk, aku sukak cari inspirasi dari apa saja, wuih jadi curhat aku wkwkk) Hmm garis bilangan itukan ada yang mengarah ke kanan dan ke kiri. Semakin ke kanan maka semakin besar nilainya, ya kan ? Maksudnya semakin kita jujur kepada orang lain maka semakin banyak orang yang menyebut kita tangan kanan mereka atau semakin banyak yang percaya kepada kita. Hmm pasti kita akan mendapatkan teman banyak. Begitu juga sebaliknya, semakin ke kiri maka semakin kecil nilainya (contoh : -8 dengan 3 pasti lebih besar 3 kan?) Maksudnya semakin kita terus menerus berbohong kepada orang lain maka semakin banyak orang menyebut kita pembohong, dan pasti kita akan dijauhi orang lain. Maka usahakanlah untuk jujur dalam kehidupan supaya disetiap langkah kita selalu menjadi kebahagiaan bagi orang lain.

,ada orang yang bertanya seperti ini “bagaimana kalau tindakan berbohong yang dilakukan itu demi tujuan baik ?” Maksudnya berbohong demi kebaikan. Secara moral yang terutama dipentingkan adalah tujuannya. Kalau tujuannya itu baik ya berarti tindakannya itu dapat dinilai baik. Jadi tindakan berbohong atau menipu misalnya : menggelapkan uang, apalagi kalau yang ditipu itu orang kaya, demi menolong orang miskin adalah suatu tindakan terpuji. Tentu persoalannya tidak semudah itu kawan. Masih harus diproses sejauh mana tujuan yang dilakukan itu baik dan sejauh mana tindakan penipuan yang dilakukan demi mencapai tujuan baik tadi. Perlu diingat bahwa tujuan “menghalalkan segala cara” tidak digunakan lagi. Kenapa ? Karena suatu perbuatan yang dikatakan baik apabila tujuannya baik dan cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan itu juga baik. Dan ini perlu diingat bahwa suatu tindakan jahat takkan pernah menjadi baik karena tujuan dari tindakan itu jahat. Jadi perbuatan mencuri ataupun berbohong misalnya, tetap saja jahat, walaupun itu demi menolong tujuan yang baik. Maka dari itu semua kita harus tetap berusaha mencari dan menempuh cara yang baik.

,saya akan menceritakan sedikit lagi tentang kejujuran. Aku orangnya paling tidak sukak dengan jawaban gini (wuihh curhat lagi nih wkwkk) yaitu kata “tidak apa apa” , ”ah enggak kok” atau “ah biasa aja pun” *padahal dalam hatinya tidak sesuai yang dikatakan dengan kenyataannya. Dan saya juga tidak sukak dengan kata ini tapi mungkin kedengarannya lucu. Kata itu adalah yang paling sering diucapkan anak muda sekarang ini yaitu “kasih tau gak yua” (wkwkk apalagi kalau dibilangnya dengan lebay) Kenapa aku bilang aku tidak sukak ? Karena bagiku itu kata kata yang tidak pantas diucapkan untuk mengetahui kebenaran.

,jika kalian pernah ujian sekolah ataupun ujian PTN atau ujian apapun, kalian pasti menjawab pertanyaan yang diberikan kan ? Contoh pertanyaannya : “Apa yang anda rasakan jika jatuh dari pohon mangga?” Mungkinkah kalian menjawabnya begini “ah biasa aja pun” Contoh pertanyaan lainnya “Apa nama planet yang terdekat dengan bumi?” Mungkinkah kalian menjawab begini “kasih tau gak yua” Atau kalian mau melamar kerja, lalu di interview, kemudian atasan bertanya. Mungkinkah kalian menjawab “kasih tau gak yua”

,dari bacaan diatas kita tahu bahwa untuk mencapai suatu tujuan harus didasari dengan kejujuran (y) Jika kita mau ke universitas maka kita harus ujian dulu. Dan harus menjawab pertanyaan sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itulah kita harus menggunakan kejujuran kita untuk mencapai suatu tujuan yang kita inginkan. Sebab kejujuran adalah kunci utama kesuksesan =)

,kalian kayaknya belum menyadari kalau kita dalam satu hari (24 jam) kejujuran kita sedang diuji dengan orang lain. Ya itu udah pasti. Misalnya dalam keluarga, pasti orang tua kita selalu menanyakan sesuatu, begitu juga di sekolah, kampus dan lingkungan sekitar.

,cobalah sekarang kita yang masih berusia muda ini menggunakan kejujuran dengan baik dalam kehidupan, baik dalam keluarga, persahabatan, percintaan, pergaulan, lingkungan, maupun dalam bernegara. Apa hasil yang didapat? Ya hasilnya pasti kedamaian. Semua akan terasa damai jika tidak ada ketidakjujuran / kebohongan dalam kehidupan ini. Pergunakanlah kejujuran dalam hal kecil untuk mencapai tujuan yang besar.

,doa : “ya Tuhan, ampunilah kami yang telah melakukan dosa yaitu berbohong. Sadarkan dan tegorlah kami Tuhan jika kami melakukan ketidakjujuran. Berilah kami Roh KejujuranMu ya Tuhan supaya kami dapat melakukan kujujuran dengan baik. Bantulah kami Tuhan Yesus untuk melakukan kejujuran supaya kami beroleh hidup yang kekal dan berkatMu yang melimpah dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin” =)

,ya sekian lah karya tulisku ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Ingat ! Gunakanlah kejujuran dengan baik. Jangan mencoba untuk berbohong. Katakanlah kebenaran yang sesungguhnya sesuai dengan kenyataannya. Semakin kita jujur semakin banyak orang yang percaya kepada kita (Itu udah kenyataan dalam hidup ini).

,Ya cuma inilah yang bisa kubuat karya tulisku. Jika ada yang mau membagikan / share, harus menyertakan nama sumbernya ya. Ingat ! Kita harus menghargai karya orang lain sama seperti menghargai diri sendiri =) Okeh.

2 comments

1 November 2012 15.01

saya kesini gak sia sia, karena disini artikelnya bagus.. ^_^

#Salam hangat dari Yousake NKRI

oke kk, makasih sudah brkunjung :)
salam hangat juga dari ku ,

Poskan Komentar - Back to Content

 
David As'chri chielietonga 06

Sorry No Right Click...!!!

[+] Please Press Ctrl+C fOr Copy...!!!